FIGHT NEVER ENDING

Omron Berinovasi Untuk Memimpin Modernisasi Industri

2 Jul 2017 - 16:51 WIB

Selama ini saya mengenal produk Omron hanya Termometer dan Tensi Darah Digital, belum tahu ada merek-merek lain di balik kecanggihannya. Ternyata Omron memiliki banyak produk dari beberapa kategori, seperti Komponen untuk elektronik, mobil dan motor. Sekilas memang tidak terlihat tapi dalam komponen produk yang kita pakai, tanpa sadar di dalamnya ada Omron.

Di Indonesia juga Omron beroperasi dalam beberapa unit bisnis yang meliputi PT.Omron Manufacturing Of Indonesia (1992) Omron Electronics Components (2000) PT Omron Electronics (2002) PT Omron Healthcare Indonesia (2012) dan Omrpn Automation Center (2016) dan mempunyai karyawan kurang lebih 2650 di seluruh Indonesia.

Omron memimpin modernisasi otomatisasi di Indonesia dengan menggunakan teknologi sensing dan control di mana teknologi ini mengandalkan proses mesin sepenuhnya yang terotomatisasi dengan sempurna sehingga mengurangi beban biaya produksi dan meningkatkan produktivitas secara efisien.

Menurut Dong Teng, Managing Director PT Omron Electronics (OEP-ID) otomatisasi ini bermaksud untuk meningkatkan kinerja dengan meminimalkan kesalahan serta meningkatkan kualitas, kecepatan dan produktivitas.

Irwan Santoso, President Director PT Omron Manufacturing Indonesia (OMI) mengatakan bahwa Omron melakukan otomatisasi pabrik demi menambah kualitas dan produktivitas serta menjadikan smart factory di Indonesia. Walaupun demikian, Omron tetap menciptakan banyak lapangan pekerjaan yang relevan dan ini sangat memancing masyarakat dalam ketersediaan sumber daya manusia yang lebih dinamis dalam dunia digital.

Irwan menambahkan bahwa OMI memiliki lebih dari 100 orang karyawan penyandang disabilitas, ini adalah perwujudan bahwa Omron sangat fokus dengan memberikan kesempatan yang banyak pada seluruh lapisan masyarakat untuk bergabung dan berkontribusi.

Sofyan Tan, Kepala Program Studi Otomotif & Teknik Robotik BINUS ASO School of Engineering mengungkapkan bahwa Indonesia sebagai negara dengan potensi ekonomi terbesar di ASEAN dan ke-16 di dunia, harus serius menerapkan otomatisasi ini agar Indonesia menjadi pemain global juga. Khususnya dalam industri otomotif.

Aria Verdin, Commercial Manager, PT.Omron Healthcare Indonesia memberi contoh produk yang terotomatisasi yaitu, pengukur tekanan darah digital HEM-7280T yang memungkinkan pengguna memonitor data tekanan darah melalyi aplikasi Omron Connect dengan singkronisasi nirkabel dengan ponsel.

Inovasi tersebut sejalan dengan cita-cita Omron yang peduli terhadap kesehatan masyarakat dan menghindari serangan jantung, hipertensi dan penyakit kardiovaskular lainnya melalui pemeriksaan dan evaluasi dengan pengukur tekanan darah digital HEM-7280T ini.

Sebagai informasi, Omron Healthcare Indonesia memproduksi alat kesehatan seperti, Tensi meter, Regulator (Alat pernapasan yang bisa digunakan di rumah), Termometer, alat fitness seperti timbangan dan pengukur tekanan darah.

Pabrik Omron Indonesia ada di Cikarang yang fokus pada produk komponen otomotif, perangkat AC dan sensor. Potensi pasaran di Indonesia terus meningkat per tahunnya dan semakin meningkat berarti semakin banyak inovasi yang diciptakan untuk memenuhi permintaan konsumen.

Dari acara buka puasa bersama Omron di 13 Juni 2017 lalu ini, saya jadi mengetahui keseluruhan produk Omron yang tak hanya terpaku pada produk kesehatan. Selain itu, otomatisasi teknologi dalam penerapan smart factory pun saya dapatkan informasinya secara lengkap di sini.

Untuk soal otomatisasi, saya sangat mendukung, agar sumber daya manusia Indonesia semakin meningkat dan berkualitas. Maka, generasi muda harus dipersiapkan sedini mungkin untuk bersaing yang sehat menyesuaikan abad teknologi yang semakin berkembang. Di samping itu, saya percaya Omron Indonesia tetap mengedepankan prioritas memberikan banyak kesempatan untuk masyarakat Indonesia untuk berkarya setinggi-tingginya.


TAGS   omron /