FIGHT NEVER ENDING

Blogger Bicara Komunitas di Ngumbar Komunitas

22 Feb 2017 - 09:52 WIB

Hujan deras dan jauhnya lokasi acara dari rumah tak menyurutkan saya untuk hadir di event komunitas yang digelar detik.com melalui detik community. 18 Februari 2017 lalu di Kuningan City lantai 3 suah ramai sejak pagi. Rangakaian acara Ngumbar Komunitas yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 21.00 ini dimulai dengan Zumba bersama.

Zumba bersama Komunitas kesehatan dengan instruktur yang lincah dan gesit dengan musik yang menghentak membuat pagi terasa segar. Selesai ber-zumba ria, melihat banyak booth bazaar yang menyajikan aneka kuliner nusantara dan luar negeri. Harganya terjangkau dan kualitas rasa berkualitas.

Pelaku usaha muda yang berpartisipasi tak hanya kuliner, fashion dan jasa pun ada. Begitu banyak pilihan dan yang jualan adalah anak-anak muda. Salut dengan kreativitas mereka. Saya pun jadi terinspirasi dengan semangat-semangat pengisi acara ini.

Pukul 9.30 pagi saya ke back stage siap-siap memoderatori acara “Blogger Bicara Komunitas” dengan narasumber dari Komunitas PEDAS (Elisa Koraag) ID Corners  (Salman Faris) Inspirasi Wanita (Ivo Anggrayanty) dan KOPI (Nuty Laraswati).

Karena acara jam 10.30 maka saya ngobrol asyik dulu sama beberapa komunitas pengisi acara lainnya. Saya mengenal Mas Ade yang menjadi MC dan member Komunitas Ngevent serta Music Box yang sedang latihan untuk perform. Seru! Mereka anak-anak muda inspiratif yang mengisi kegiatan dengan hal-hal positif. Bahkan mereka tak terpatok materi atau fasilitas. Contohnya Komunitas Ngevent yang bikin EO awalnya hanya menjual konsep juga Komunitas Music Box yang modalnya tiap weekend kumpul di Taman Menteng buat latihan nyanyi. Suaranya keren-keren!

Untung saya bawa Sekar, jadi Sekar bisa terinspirasi mereka yang usianya barangkali tak beda jauh.

Blogger Bicara Komunitas alhamdulillah terselenggara dengan baik dan lancar. Untuk konten acara diskusi tersebut nanti akan saya ulas sendiri di artikel terpisah.

Pertanyaan demi pertanyaan meluncur, yang curhat colongan pun tak sedikit. Seru pokoknya. Dan menambah berbagai sudut pandang tentang arti dan makna komunitas, mulai dari cara membangunnya, cara menjaganya untuk tetap solid dan lain sebagainya.

Setelah sesi Blogger Bicara, ada sesi lainnya yang tak kalah seru, Bintang tamu Ussy Sulistyawati berbagi tentang bisnis kosmetik, ada juga tips otomotif yang bisa diterapkan. Semakin siang dan malam acara semakin seru. Acara ini berakhir puluk 21.00

Booth-Booth dan Bazaar:

Games menarik, menantang dan berhadiah juga bertebaran. Selain itu, hashtag #NgumbarKomunitas menjadi trending topic No.1. Wow!

Dari acara ini, banyak sekali menarik dan hal baru yang didapat. Terutama networking. Banyak teman baru yang sebelumnya belum pernah bertemu. Saya juga banyak mengulik hal-hal menarik dari beberapa komunitas yang punya kegiatan unik.

Tips saya, jika menghadiri acara seperti Ngumbar Komunitas, sebaiknya sediakan waktu khusus. Di sana banyak banget potensi yang bisa digali. Misalnya, untuk ilmu baru dari orang yang baru ditemui. Bisa digali dan dicerna. Jangan lupa untuk saling follow akun-akun sosial media yang dimiliki. Setelah acara, bisa tettap keep in touch dan bisa saling berbagi informasi.

Selain networking menghadiri acara seperti ini jangan lupa bawa powerbank karena banyak kompetisi sosial media yang bisa diikuti. Seperti Foto Boomerang, Tweet Pic dan Instagram. Untuk fast blog posting pun selalu ada. Jadi, jangan sia-siakan momen acara seru seperti ini, benefitnya harus dimanfaatkan secara maksimal.

Mudah-mudahan tahun depan ada lagi acara seperti ini. 


TAGS   ngumbar komunitas / blogger bicara komunitas / detik community /