FIGHT NEVER ENDING

12 Aplikasi dan Website untuk Memudahkan Ayah dan Bunda

14 Sep 2016 - 09:33 WIB

Menjadi orangtua adalah sebuah karunia yang indah. Ketika Anda telah merencanakan kehamilan dan suatu hari dikejutkan dengan berita bahwa Anda akan menjadi seorang ayah atau bunda, rasanya seperti mendapat keajaiban yang tak terduga, betul tidak? Tentu saja, kalau dulunya Anda adalah seorang anak, sekarang Anda menjadi orangtua! Bagi Anda yang baru saja menjadi orangtua atau sedang menantikan kehadiran si kecil, selamat! Anda akan memasuki fase hidup baru yang membahagiakan, membuat canggung, membuat hati berdebar-debar, panik, kesal, marah, terharu, pokoknya campur aduk, hehe! Pasalnya, pengetahuan yang didapat saat di sekolah dan dunia kerja tidak dapat membekali Anda dengan informasi-informasi penting untuk mempersiapkan diri menjadi orangtua dan merawat anak. Tapi Anda tidak perlu khawatir, artikel ini akan membahas 10 aplikasi/website yang dapat memudahkan hidup Anda sebagai orangtua baru. Bagi Anda yang sudah menjadi orangtua dan memiliki anak yang masih kecil, artikel ini juga bisa bermanfaat bagi Anda. Selamat membaca dan semoga aplikasi/website ini dapat membantu!

  1. Menstrual Calendar

 

Mari kita mulai dari aplikasi yang dapat membantu Anda untuk menjadi orangtua. Bagi para wanita yang merencanakan kehamilan, Anda bisa men-download Menstrual Calendar, aplikasi Android yang dapat mencatat siklus menstruasi Anda setiap bulan. Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini Anda juga dapat memperkirakan kapan menstruasi selanjutnya terjadi. Menstrual Calendar juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti berat badan, suhu badan dan masa ovulasi agar Anda sukses hamil.

 

  1. Baby Bump

Jika Anda merasa canggung dan cemas saat kehamilan, aplikasi Baby Bump dapat membantu. Aplikasi ini akan memberikan informasi-informasi penting seputar kehamilan sehingga Anda memiliki bekal yang cukup untuk mempersiapkan diri Anda sebagai calon ibu. Baby Bump juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti widget countdown yang dapat menghitung periode awal kehamilan hingga trimester terakhir, jurnal pengamatan jabang bayi dan si ibu, pelacak proses kontraksi, grafis kesehatan serta nama-nama bayi. Yang lebih menarik lagi, Anda dapat terhubung kepada para ibu hamil dari berbagai penjuru dunia, sehinga Anda bisa chatting dan saling bertukar informasi!

 

  1. Ayahbunda

Saat senggang, kunjungi website Ayahbunda yang menyediakan informasi dan artikel menarik seputar kehamilan! Ayahbunda adalah majalan online untuk Anda para orangtua baru yang menyediakan informasi komplit dan berita-berita terbaru seputar prakonsepsi, kehamilan, kelahiran, bayi, balita, keluarga, resep makanan dan minuman serta majalah Ayahbunda terbaru.

 

  1. Who’s Your Daddy?

 

Kalau biasa kebanyakan aplikasi kehamilan diperuntukkan untuk calon bunda, Who’s Your Daddy? adalah aplikasi yang diperuntukkan khusus untuk para calon ayah. Anda akan mendapatkan tip harian dan mingguan untuk mempersiapkan diri Anda menjadi seorang ayah. Semua informasi yang ada pada aplikasi ini ditulis oleh pria lho, sehingga isinya ringan, lucu dan menggunakan bahasa pria! Anda juga dapat menghitung tanggal kelahiran bayi Anda, saat terjadinya kontraksi serta daftar apa saja yang harus dilakukan atau persiapkan menjelang hari H.

 

5. iPrice

 

Nah, saatnya kita membahas tentang finansial. Seperti kata orang, belanja keperluan bayi dan anak-anak paling menguras kantong karena banyak yang dibutuhkan, harganya tidak murah dan umurnya tidak panjang (misalnya pakaian bayi, jika sudah besar menjadi tidak muat). Ditambah lagi dengan produk yang dipakai sehari-hari seperti susu, popok, sabun mandi, sampo, dan lain-lain! Untuk mengakalinya, Anda bisa membeli semua keperluan bayi dan lainnya secara online di iPrice. Website ini adalah pusat belanja online di mana semua toko dan penjual online tergabung di dalamnya. Selain komplit, iPrice juga memiliki fitur Price Comparison alias Pembanding Harga sehingga Anda juga bisa membandingkan harga barang yang Anda inginkan antara satu penjual/toko dengan penjual/toko lainnya. Terdapat juga aneka diskon dan kupon untuk membantu Anda lebih berhemat!

 

 6. Low Fat Recipes

 

“Aduh, kapan ya bisa kurus lagi?” adalah pertanyaan yang kerap kali muncul dalam benak para bunda. Tenang, Anda tidak sendirian kok. Dalam hal ini Anda harus berhati-hati agar saat diet kesehatan Anda tidak terganggu karena si kecil membutuhkan Anda. Diet yang sehat dimulai dari pola makan yang sehat, ini bisa Anda ikuti dengan Low Fat Recipes. Aplikasi ini menyediakan resep-resep makanan yang lezat dan menyehatkan, lengkap dengan kandungan nutrisinya. Jika Anda penderita diabetes, tersedia juga resep untuk makanan glutten free. Aplikasi ini juga mencantumkan budget pada setiap resepnya, lho! Asik, kan!

 

 7. Kid Mode: Free Games + Lock 

Selain mainan, gadget adalah barang yang paling disukai anak-anak. Agar si kecil tidak bosan, download saja Kid Mode: Free Games + Lock. Aplikasi ini memiliki berbagai game edukatif dan buku cerita untuk anak berusia 3-7 tahun. Terdapat juga fitur Paint agar si kecil dapat mengembangkan imajinasinya. Anda tidak perlu senantiasa memantau si kecil karena aplikasi ini memiliki fitur Lock sehingga Anda dapat mengunci aplikasi yang tidak sesuai dengan PIN.

 

8. Kakatu

 

Kakatu adalah aplikasi startup asal Bandung yang berguna bagi orangtua agar dapat menyeleksi, membatasi dan mengawasi aplikasi apa saja yang bisa diakses si kecil. Caranya mudah. Install aplikasi Kakatu pada smartphone anak, isi data registrasi dan PIN. Selanjutnya pergi ke menu setting dan klik aplikasi mana saja yang boleh diakses si kecil. Jika Anda bingung, Kakatu akan merekomendasikan aplikasi mana saja yang cocok untuk si kecil!

 

9. HomeTube

 

Kalau Anda suka membuka YouTube untuk menonton video, biarkan si kecil mencari video kesukaannya dengan HomeTube! HomeTube memungkinkan Anda menyaring pilihan video yang bisa diakses si kecil dari smartphone atau tablet, misalnya kartun dan film edukatif sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir. Yang unik dari HomeTube adalah ia bisa dijadikan sebagai wallpaper, praktis dan aman!

 

10. Kiddle

 

Setelah HomeTube, ada juga Kiddle! Anak-anak jaman sekarang sudah mahir menggunakan smartphone dan internet, hal ini menimbulkan rasa cemas jika mereka membuka website-website yang tidka sesuai atau tidak mendidik. Nah, Kiddle berfungsi seperti Google search tapi dikhususkan untuk anak-anak. Hasil pencarian pada Kiddle sudah tersaring sehingga yang muncul adalah situs-situs yang sesuai untuk si kecil dan ditulis dalam bahasa yang mudah dimengerti.

 

11. Liburan Anak

Setelah berbagai macam aplikasi untuk mengawasi si kecil saat mengakses internet, jangan lupa untuk membawa si kecil pergi bermain di luar! Untuk mendapatkan ide dan informasi mengenai tempat wisata anak, Anda bisa mengunjungi website Liburan Anak. Pada website ini, tempat liburan anak terbagi menjadi beberapa kategori seperti Kid’s Holiday Spot, Kids & Parents Events, Parent’s Stories, Fun Course serta Discounts & Promotions. Sekarang Anda tidak perlu pusing memikirkan mau ke mana membawa si kecil pergi berlibur, hehe!

 

12. Kidnesia

 

Kalau dulu Anda suka membaca majalah Bobo, sekarang anak Anda juga bisa membacanya di Kidnesia! Kidnesia adalah website untuk anak-anak yang dibuat oleh Kompas Gramedia, di mana si kecil bisa membaca berbagai macam majalah anak-anak seperti Bobo, Mombi, Girls dan XYKids. Tidak hanya majalah, Kidnesia juga menyuguhkan berbagai pengetahuan seputar Indonesia yang dirangkum sedemikian rupa sehingga si kecil tertarik untuk membacanya.

 


TAGS   aplikasi / website / parenting / ayah / bunda / anak /