FIGHT NEVER ENDING

Mudik Cerdas Lebaran Happy

26 Jun 2016 - 21:58 WIB

Ritual mudik menjelang lebaran tak pernah sepi dari para perantau untuk pulang ke tanah kelahirannya. Untuk merayakan moment Hari Raya bersama keluarga besar dan teman-teman. Karena beda ya, jika dirayakan bersama orang-orang tercinta akan lebih terasa kebahagiaannya. Bahkan moment lebaran juga suka dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk bersilaturahmi dan mengenang masa-masa kecil atau masa sekolah dulu.

Maka dari itu, tak heran jika masyarakat berbondong-bondong mudik biarpun dihadang kemacetan parah, biaya transportasi yang mahal dan ketidaknyamanan lainnya di perjalanan karena padat dan sesak. Tapi animo mudik tetap ramai baik melalui jalan darat, air ataupun udara.

Khusus untuk mudik di jalan darat ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Menjelang lebaran ini, Mobil123.com mengajak Media dan Blogger untuk sama-sama mengkampanyekan mudik cerdas agar terhindar dari berbagai kecelakaan serta meminimalisir keadaan yang tak diinginkan saat mudik. Jangan sampai moment lebaran terganggu karena insiden perjalanan mudik.

Mobil123.com menghadirkan narasumber Sonny Susmana dari SDC (Safety Driving Defensive Consultant) Apa saja yang dibagikan oleh Pak Sonny? Ini dia!

Kata Pak Sonny, saat hendak pergi mudik pakai kendaraan pribadi, ada berbagai persiapan yang harus dilakukan. Yang pertama, adalah kesehatan badan tentunya. Lalu kondisi kendaraan yang akan dipakai harus dalam keadaan ready to use. Artinya semua komponen dipastikan tidak akan ada gangguan, mulai dari Ban mobil, mesin, oli dan semua komponen harus cek n re-check. Habis dari service center, jangan lupa cek kembali di rumah. Karena pegawai bengkel tak bisa begitu saja dipercaya. Siapa tahu pegawainya khilaf atau terlalu capek jadi kurang teliti dalam memberikan pelayanan. Dari pada bermasalah di luar, mendingan cek kembali untuk memastikan.

Kemudian bawalah bekal seperti makanan berat atau ringan, dengan minuman secukupnya. Antisipasi di jalanan macet dan saat lelah bisa beristirahat di mana saja yang nyaman. Tak perlu mengandalkan rest area karena pasti penuh, cari saja tempat yang nyaman untuk beristirahat, bisa lesehan di pinggir jalan yang luas atau mampir di warung-warung pinggir jalan. Sesudah segar baru lanjutkan perjalanan. Bawa juga obat-obatan yang diperlukan.

Jangan lupa, ketika di perjalanan, saling berbagi peran dengan penumpang. Jadikan para penumpang sebagai navigator yang menunjukan arah yang benar, mengingatkan jika sudah lelah harus istirahat dan memberi minuman ke pengemudi.

Ada baiknya sebelum berangkat mencari informasi jalan-jalan alternatif seperti jalan tikus agar terhindar dari macet parah dan tumpukan-tumpukan rute yang dijejali para pemudik. Tapi cari jalan alternatif pun harus cari yang aman.

Jarak tempuh dan waktu harus bisa diperkirakan dengan baik agar bisa sampai sesuai dengan perkiraan. Jadi tidak buang waktu. Pilih waktu yang pas untuk berangkat misalnya pagi, siang atau malam.

Itulah tips Mudik Cerdas dari Pak Sonny dam Mobil123. Sebaiknya tips ini diterapkan agar perjalanan lancar dan tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Lebaran dapat dijalankan dengan gembira bersama keluarga besar dan meninggalkan kesan yang bermakna. Selamat mudik ya teman-teman.


TAGS   Mobil123 / bukber / mudik cerdas /