FIGHT NEVER ENDING

Dompetku Nusantara Diperkenalkan di Bitung Sulawesi Utara

6 Feb 2016 - 08:11 WIB

Manado, 2-4 Februari 2016 – Indosat Ooredoo menyelenggarakan Media Gathering 2016, yang pesertanya terdiri dari para jurnalis dan empat Blogger. Saya termasuk salah satu yang beruntung mengikuti acara ini karena ini benar-benar spesial. Ke Manado adalah impian saya sejak SMA dan baru tercapai sekarang, better late than not at all.

Di acara gathering ini, Indosat Ooredoo mempersatukan media dan blogger semua berbaur dan saling belajar banyak hal. Selain gathering, dalam kesempatan tersebut Indosat Ooredoo memperkenalkan produk inovasinya yakni Dompetku Nusantara yang sedang dalam tahap membangun ekosistem pada masyarakat terhadap layanan ini. Dalam perkenalan produk ini, tak serta merta promosi tapi ada nilai edukasi yang dibagikan, jadi saya mendapatkan wawasan baru tentang finance dan aplikasi pendukung digital services.

Digital services Indosat Ooredoo sudah berjalan dengan program-programnya yang memberikan layanan kemudahan dalam melakukan banyak transaksi melalui perangkat handphone. Misalnya, layanan financial perbankan, ecommerce melalui cipika.co.id, program belanja online yang bisa diakses melalui smartphone, layanan pemasangan iklan dengan aplikasi mobile dan penyelenggaraan Start-Up melalui IdeaBox. Untuk program IdeaBox, dilakukan mulai dari pemberdayaan kemampuan anak-anak muda, monitoring training, networking, funding dan inkubasi program. Banyak ya, programnya?

Dan salah satu layanan Digital Service Indosat Ooredoo terbaru adalah Dompetku Nusantara merupakan layanan keuangan mikro untuk kredit pinjaman, asuransi dan tabungan melalui agen. Dalam kesempatan ini, Indosat Ooredoo memperkenalkan layanan ini di Manado, sekaligus melihat transaksi secara langsung di pelabuhan perikanan Bitung, Manado. Para nelayan di sana diberdayakan untuk memanfaatkan semua benefit dari layanan Dompetku Nusantara. Tak hanya di Sulawesi Utara saja, layanan Dompetku Nusantara akan diluncurkan dalam waktu dekat di seluruh nusantara.

Aktivitas di Pelabuhan Bitung Sulawesi Utara

Apa saja keunggulan-keunggulan dari Dompetku Nusantara?

  1. Mudah, proses registrasi dan tarik tunai yang mudah sehingga tidak memakan waktu bagi para pengguna layanan ini.
  2. Lengkap, satu-satunya transaksi keuangan dalam 1 nomor seluler yang isinya ada 4 layanan keuangan (tabungan mikro, Asuransi Mikro, Kredit Mikro dan Investasi Mikro)
  3. Terjangkau, Biaya administrasi yang tak memberatkan dan dapat dilakukan di agen yang bertanda Dompetku Nusantara yang terdekat dari rumah.

Layanan Keuangan Dompetku Nusantara terdiri dari :

  1. Tabungan Mikro; Pembukaan rekening, Setoran Tunai dan Penarikan Tunai.
  2. Asuransi Mikro; Pembelian Polis Asuransi dan Klaim
  3. Kredit Mikro; Permintaan Pinjaman
  4. Untuk tahap selanjutnya Investasi Mikro yang layanannya memberikan fasilitas pembelian Reksa Dana.

Cara Registrasi Dompetku Nusantara

  1. Datang ke agen terdekat, mengisi formulir dan menyerahkan fotocopy KTP.
  2. Agen akan input data pelanggan dengan verifikasi 6 dogit token pelanggan melalui aplikasi Dompetku Nusantara.
  3. Layanan Dompetku Nusantara akan aktif setelah 3X24 Jam berikutnya.
  4. Setelah 3 layanan keuangan Dompetku Nusantara aktif, pelanggan dapat melakukan transaksi keuangan yang diinginkan.

Cara Transaksi Dompetku Nusantara

  1. Datang ke agen terdekat, infokan no HP dan berikan uang ke agen.
  2. Memasukan dan validasi akun, Agen verifikasi data pelanggan dan membagi uang tersebut berdasarkan permintaan pelanggan.
  3. Verifikasi transaksi, pelanggan memberikan token yang dikirim melalui SMS ke agen untuk validasi transaksi.
  4. Mendapatkan Tanda Terima, Pelanggan mendapat tanda terima dari agen dan mendapatkan notifikasi transaksi via SMS.

Layanan Dompetku Nusantara diresmikan sebagai bentuk dukungan layanan finansial inklusi kepada masyarakat desa maupun kota yang masih enggan pergi ke bank karena kurang memahami prosedur atau tak sempat. Menurut Randy Pangalila, Group Head Mobile Financial Service (MFS) Indosat Ooredooadanya layanan Dompetku Nusantara, akan membuat masyarakat segala lapisan bisa memanfaatkan layanan keuangan dari perangkat handphone tanpa harus pergi ke bank atau bertatap muka dengan petugas bank.

Kunjungan ke salah satu Agen Dompetku Nusantara di pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara

 

Dompetku Nusantara juga sudah sesuai prosedur Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam kesempatan ini, hadir Ketua OJK Sulawesi Utara, Elyanus Pongsoda dan memberikan dukungan penuh terhadap produk inovasi dari Indosat Ooredoo ini. Beliau mengatakan bahwa Dompetku Nusantara sudah sesuai dengan cita-cita dan harapan pemerintah akan perlunya layanan inklusi keuangan sampai pelosok daerah.

Digital Services Indosat Ooredoo melalui Dompetku Nusantara tentunya sangat mengedukasi sampai ke pelosok desa, pertumbuhan penggunaan internet dan handphone akan tersalurkan dengan baik melalui pemanfaatan layanan yang diberikan. Selain mengedukasi juga bisa memberikan nilai tambah terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan. Jadi gemar menabung dan berinvestasi serta mampu menambah pengetahuan terhadap penggunaan perangkat digital

Setelah acara peresmian Dompetku Nusantara, kami mengikuti beberapa rangkaian acara Media Gathering lainnya, semua semakin dekat, semakin paham dan semakin banyak asupan ilmu dari acara ini. Rangkaian acara selanjutnya, akan saya tulis di artikel terpisah. Ditunggu ya.


TAGS   Dompetku Nusantara / Indosat Ooredoo /