FIGHT NEVER ENDING

Harapanku PLN Jadi Mitra Masyarakat Secara Luas

1 Oct 2012 - 11:16 WIB

Listrik sebagai pendukung utama dalam aktivitas manusia sehari-hari. Baik pada waktu siang maupun malam dan pada skala industri maupun perorangan. Terutama dalam meningkatkan produktivitas serta membuat efektif waktu dan tenaga.

Mengapa kita butuh listrik?

Listrik sangat berpengaruh dalam hal penerangan dirumah-rumah warga, terutama dimalam hari. Seluruh aktivitas walau sudah larut malam masih bisa dikerjakan jika ada penerangan yang baik dari cahaya lampu, baik dalam hal belajar, bekerja atau melakukan apapun. Contohnya ketika ibu saya dikejar target pesanan sulaman dari pelanggannya, walau malam hari masih bisa mengerjakannya dengan baik karena dibantu penerangan lampu yang baik. Dan anak saya ketika harus belajar dimalam hari, penerangan lampu sangat membantu konsentrasinya dibanding jaman sebelum listrik meluas hanya mengandalkan lampu petromak atau lampu minyak yang cahayanya bisa bergoyang-goyang karena api didalam lampu tertiup angin dari luar kaca lampu.

Sedangkan untuk menghidupkan segala peralatan yang bisa membantu aktivitas secara maksimal dan tak begitu menguras tenaga tentunya membutuhkan aliran listrik juga, seperti untuk peralatan rumah tangga yang dipakai sehari-hari, contohnya kipas angin, ac, mesin cuci, mesin penyedot abu dan lain-lain.

Untuk sektor industri lebih memerlukan listrik sebab mesin-mesin serta peralatan lainnya pun membutuhkan listrik agar kegiatan produksi berjalan lancar dan cepat menghasilkan.

Ada sedikit cerita, ketika Tahun 2001 lalu, sepupu saya berwira usaha membuat sohun (Mie Putih berbahan sagu) dirumahnya, menggunakan mesin manual yang berbentuk seperti sumur berupa besi dan ditengahnya ada gagang pemutar untuk mengaduk dan menyetak adonan sohun, alat ini harus diputar mmembutuhkan tenaga dari 3 orang untuk satu kali mengaduk. Lamanya sekitar 3 jam mengaduk. Sangat menguras tenaga juga waktu, hasil produksi juga sedikit. Karena aktivitas produksi kurang maksimal akhirnya sepupu saya memesan mesin pembuat sohun yang memakai daya listrik. Akhirnya produksi meningkat dan waktu serta tenaga legih efisien digunakan.

Maka listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat baik untuk skala perorangan maupun skala industri.

Tak hanya itu, listrik pun bisa meningkatkan pendapatan sektor pariwisata, misalnya di Pulau Tidung sesudah masuk listrik kesana, pengunjung meningkat secara signifikan.

Jadi, siapakah yang bisa menyediakan listrik untuk kita?

Listrik yang sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat maka perlu manajemen handal dan hal ini sudah ada yang menangani, salah satu BUMN bernama PT PLN (Perusahaan Listik Negara) yang sudah memberikan pelayanan yang baik sejak Tahun 1945 dengan melakukan berbagai inovasi dan terobosan di seluruh nusantara.

Bahkan PT.PLN semakin memudahkan masyarakat dari segi pelayanan berinteraksi, tak perlu mengantri untuk membayar tagihan, untuk pasang baru, tambah daya, penyambungan sementara dan mengetahui info tagihan rekening cukup melalui akses internet dengan mengakses web www.pln.co.id maka apapun kebutuhan kita terkait listrik akan terpenuhi dengan segera setelah melalui prosedur yang berlaku.

Berkembangnya pemakaian listrik oleh warga membuat persediaan energi listrik kian hari kian menurun apalagi ditambah dengan sikap tidak disiplin warga yang membiasakan perilaku ke arah pemborosan listrik, seperti lupa mematikan lampu teras, halaman dan dapur disiang hari, kecenderungan mempunyai lebih dari satu televisi didalam rumah yang dalam satu hari bisa semuanya menyala jika penghuni rumah sedang ada. Dan masih banyak lagi.

Cukup wajar jika PT PLN melakukan kebijakan-kebijakan agar persediaan listrik bisa tetap mencukupi dan merata disemua daerah. Kebijakan yang sering dilakukan adalah mematikan secara serentak listrik di suatu daerah secara bergantian bisa dalam waktu beberapa jam atau seharian. Dan untuk sektor industri tarifnya pun dibedakan, lebih tinggi dari individual.

Jika saya, sampai saat ini tak mengalami kendala berarti buruk dalam berinteraksi bersama PLN, kalau adapun itu karena kesalahan saya yang terlambat membayar. Sampai saat ini PLN cukup baik dalam melayani masyarakat. Namun walaupun kredibilitasnya sudah cukup baik, tetap saja PLN perlu menampung aspirasi masyarakat dalam bentuk masukan dan menanggapi berbagai harapannya. Karena perusahaan besar sekelas PLN sudah harus bisa menjadi mitra warga bukan hanya dari segi pelayanan penyediaan listrik.

Apa yang telah dilakukan PLN untuk masyarakat?

Seperti yang saya ketahui dari acara Blogger Bicara ‘Aku dan PLN’ pada Tanggal 21 September 2012 lalu di FX Mall. Hadir Pak Bambang yang mewakili PT PLN dan artis Febi Febiola serta moderator Donny BU, mengulas semua layanan dan berbagai inovasi yang telah dilakukan PLN untuk masyarakat.

494434638378a20004ab32a296ec83c6_21092012004

Menyimak Penjelasan Pak Bambang dari PLN dan artis Febiola mengenai Listrik

PLN telah melayani kebutuhan listrik untuk rumah tangga, industri, pelayanan sosial, bisnis, kantor pemerintahan dan lain-lain. Bahkan semakin meningkatnya penggunaan listrik di seluruh sektor kini PLN melakukan peningkatan dalam hal pelayanan bagi seluruh masyarakat. Seperti melakukan kerja sama dengan bank-bank terkemuka untuk mengoptimalkan efisiensi transaksi. Maka masyarakat bisa melakukan transaksi melalui transfer bank via atm, mobile dan internet banking. Selain itu untuk melakukan transaksi dalam hal kebutuhan listrik masyarakat, ada layanan secara online. Misalnya untuk menambah daya listrik, melakukan sambungan baru, ganti nama, balik nama dan pindah meter bisa melalui online. Benar-benar memudahkan.

Lalu Pak Bambang perwakilan dari PLN menjelaskan bahwa PLN berupaya keras untuk melakukan sistem manajemen yang bersih dari korupsi dan pungutan liar dan kasus suap. Khusus untuk pelanggan PLN yang berada di wilayah Jakarta dan Tangerang bisa mengadukan hal ini ke nomor 0812 810 22 000.

Komitmen PLN ini benar-benar serius dan diharapkan kerjasama dengan seluruh pelanggan untuk mengatasi masalah ini.

Yuk beralih ke listrik pintar, hemat dan efisien

Yuk beralih ke listrik pintar, hemat dan efisien. Gambar : www.pln.co.id

Dalam kesempatan yang sama, Pak Bambang mengajak seluruh pelanggan untuk beralih menggunakan listrik pintar, yaitu menggunakan listrik dengan sistem pembayaran prabayar. Para pelanggan bisa membeli kebutuhan aliran listrik ini seperti membeli pulsa dan bisa kita atur sendiri. Jadi memudahkan kita untuk menyesuaikan anggaran biaya listtrik keluarga agar bisa hemat dan terhindar dari terbuang percuma energi listrik yang digunakan.

Pembelian listrik prabayar ini bisa melalui website atau datang langsung ke PLN terdekat dan isi ulangnya bisa didapat di beberapa ATM Bank yang telah melakukan kerjasama.

Banyak keuntungan menggunakan listrik pintar, diantaranya :

  1. Kita bisa mudah mengendalikan pemakaian listrik untuk terhindar dari boros.
  2. Anggaran belanja dapat disesuaikan sendiri jadi tak akan terpatok tagihan.
  3. Tak akan kena denda jika terlambat isi ulang
  4. Tak perlu berurusan dengan pencatat meter listrik yang rutin datang ke rumah, jadi privacy terjaga.
  5. Pembelian pulsa listrik ada di setiap ATM dan bisa juga beli di loket PLN terdekat
  6. Buat yang punya kontrakan atau rumah yang kosong tak perlu bayar abodemen jadi sangat menguntungkan dan sistemnya pun tidak ribet.

Saya sendiri sudah menggunakan listrik prabayar ini sejak Tahun 2010 lalu saat membeli rumah cicilan dan belum ditempati. Jadi tak repot membayar abodemen bulanannya karena memakai listrik prabayar.

Harapan Terhadap PLN

Saya kira untuk masalah komitmen PLN melayani masyarakat dalam hal penyediaan listrik sudah banyak yang di implementasikan, mungkin hanya sekian persen saja yang perlu dibenahi. Seperti tentang pemadaman listrik yang sering dilakukan di sejumlah daerah dan masih adanya pungutan liar. Namun hal itu perlu penanganan bertahap dan saya percaya PLN bisa melakukannya dengan konsisten.

Sekarang, saya punya harapan untuk PLN bisa meluaskan jaringan listrik sampai pelosok agar saudara-saudara kita dibelahan manapun bisa menikmati listrik untuk mendukung segala aktivitasnya. Karena warga di perkotaan maupun di pedesaan sekalipun berhak menikmatinya. Apapun caranya hal ini harus senantiasa diupayakan.

Mendengar ungkapan Bapak Bambang di acara Blogger Bicara tersebut yang menurut beliau bahwa PLN akan melakukan kenaikan tarif dalam waktu dekat ini. Dengan alasan kurangnya inventarisasi untuk meningkatkan perluasan layanan listrik. Hal ini telah disetujui oleh DPR dan Febi Febiola yang menjadi pembicara dalam diskusi saat itu saat diminta pendapat tentang hal ini sangat tidak setuju PLN menaikan tarif sebab menurut Febi, PLN seharusnya membuktikan dahulu layanan dan peningkatan perbaikan tersebut baru boleh melakukan kebijakan menaikan tarif.

Saya setuju dengan pendapat Febi Febiola karena masyarakatpun perlu merasakan dulu efek keberhasilan peningkatan pelayanan dan fasilitas tersebut sebelum ada kebijakan kenaikan tarif karena jika sudah ada buktinya, masyarakat pun akan tergerak untuk bekerjasama dalam menjalankan kebijakan yang diberlakukan.

Saya sebagai pelanggan PLN dan sebagai warga negara Indonesia, punya harapan yang luas terhadfap PLN dalam bidang peningkatan sosial ekonomi juga. Jadi bukan hanya sebagai penyedia listrik saja. Yang saya tahu PLN telah melakukan aksi PLN peduli dan diharapkan selain aksi tersebut, PLN bisa meningkatkan kerjasama dengan pihak-pihak organisasi non profit yang bertujuan untuk mencerdaskan bangsa. Misalnya untuk perpustakaan di daerah terpencil yang perlu penerangan, rumah singgah anak jalanan dan memberi keringanan biaya listrik untuk rumah ibadat.

Melihat fenomena bahwa energi listrik tak dapat di daur ulang da kiar hari kian berkurang persediaanya. Selayaknya pihak PLN dan masyarakat bisa saling terbuka dan bekerjasama dalam hal penanggulangan masalah ini agar tidak kelabakan di kemudian hari. Kesadaran masyarakat perlu dipupuk dengan cara memberi penyuluhan dalam periode tertentu. Jadi pihak PLN bisa mengadakan suatu acara workshop untuk seluruh warga di setiap daerah secara bergantian mengenai pentingnya pola hidup hemat energi listrik. Karena walaubagaimana, tak semua masyarakat dapat memahami hal ini. Jadi diperlukan komunikasi dua arah.

Jika hal tersebut bisa dilaksanakan maka akan terjalin kerjasama yang harmonis antara PLN dan masyarakat. Mari kita sama-sama melakukan hemat energi agar anak cucu kita kelak bisa menikmati listrik tanpa kendala. Sebagai Blogger kita pun patut menyuarakan hal ini melalui Blog yang kita miliki.


TAGS   pln 123 / pln bersih /